Thursday, March 7, 2013

Perbedaan Halaman Post dan Page Pada Blogspot

Post dan Page Pada Blogspot � Ketika kita mempublikasikan konten di blog, ada dua jenis halaman yang dapat dipilih untuk digunakan yaitu halaman jenis post dan halaman jenis page. Kedua halaman ini dapat kita munculkan secara bersamaan pada halaman depan blog kita meskipun halaman page harus mengklik link agar dapat ditampilkan. Akan tetapi, kita terbiasa menggunakan halaman post untuk mempublikasikan konten pada blog karena beberapa pertimbangan.

Halaman Page dan Post Blogspot

Halaman page adalah halaman yang bersifat statis karena selalu muncul di halaman depan blog kita. Contoh konten blog yang menggunakan halaman page seperti About Me, Contact Us, Terms of Service, dan Advertise. Sedangkan halaman post adalah halaman yang selalu muncul di halaman depan blog tetapi selalu berubah bergantian judulnya sesuai tanggal dipublikasikannya. Halaman post biasanya kita gunakan untuk menerbitkan konten blog secara berkala.

Halaman page bersifat statis, sedangkan halaman post bersifat dinamis karena halaman yang ditampilkan selau bergantian berdasarkan kronologis waktu penerbitannya.

Perbedaan mendasar antara halaman post dan halaman page pada blogspot antara lain sebagai berikut.

1. Cara membuat.
Halaman page: dasbor > laman > laman baru > laman kosong atau alamat web.
Halaman post: dasbor > pos > entri baru.
2. Batasan jumlah.
Untukmembuat dan menampilkan halaman page di blog, kita hanya diberikan batasan jumlah maksimal sebanyak 20 halaman. Sementara itu, kita diberikan kesempatan membuat halaman post menggunakan blogspot dalam jumlah tak terbatas.
3. Penampilan di halaman depan blog.
Halaman page ditampilkan dalam bentuk link pada tab atas sebagai navbar horizontal, tab samping sebagai sidebar, atau pilihan untuk tidak ditampilkan di halaman depan blog, sedangkan halaman post ditampilkan secara kronologis berdasarkan kurun waktu paling lama hingga terbaru atau sebaliknya tergantung pengaturan serta dalam jumlah yang dapat kita atur sesuai keinginan kita.
4. Tujuan penggunaan.
Halaman page dibuat untuk tujuan publikasi dalam rangka pemberitahuan informasi pribadi pemilik blog kepada pembacanya, seperti About Me, Contact Us, Advertise, dan Terms of Service. Sementara itu, halaman post digunakan untuk menampilkan konten yang ingin kita bagikan manfaatnya kepada pembaca blog kita.
5. Penggunaan label.
Halaman page tidak memiliki label, sedangkan halaman post dapat diberikan label ketika dipublikasikan.

Secara umum, perbedaan halaman page dan halaman post sudah terlihat jelas dari tujuan penggunaannya. Oleh karena itu, gunakanlah halaman page dan halaman post sesuai kegunaan masing-masing untuk memaksimalkan tampilan serta kenyamanan pembaca ketika mengunjungi blog kita.


EmoticonEmoticon