Thursday, December 29, 2011

5 Tips Manajemen Waktu Blogging

Manajemen Waktu Blogging � Blogging adalah aktifitas yang menyenangkan. Kita dapat melakukan berbagai hal yang menarik di dalam blogging seperti menulis, menuangkan ide, bersosialisasi, membaca, mencari ilmu dan pengetahuan baru, serta aktifitas menarik dan bermanfaat lainnya. Akan tetapi, kesibukan pekerjaan kadang membuat waktu untuk blogging semakin berkurang dan menyebabkan kegiatan blogging menjadi terganggu bahkan terhenti.


Blogging bukan hanya aktifitas menulis dan menerbitkan artikel di dalam blog. lebih dari itu, blogging mencakup segala aktifitas mulai dari menulis artikel, mempublikasikannya, blogwalking, hingga menjawab setiap komentar yang masuk dalam setiap postingan yang telah diterbitkan. Kegiatan blogging menjadi menarik untuk dilakukan. Karena itu, tidak jarang jika blogging menghabiskan waktu yang cukup lama dari total waktu yang kita miliki.

Jika aktifitas kita yang lainnya sangat padat tentu kegiatan blogging yang menghabiskan banyak waktu ini akan cukup merepotkan dan mengganggu aktifitas kita secara keseluruhan. Oleh karena itu, kita harus bisa menyikapi setiap waktu yang kita miliki dengan baik. Beberapa tips manajemen waktu blogging yang dapat kita terapkan antara lain sebagai berikut:

1. Tetapkan jadwal blogging secara pasti.

Kita harus bisa menetapkan jadwal blogging kita secara pasti dalam satu hari. Penetapan jadwal ini berdasarkan kebutuhan dan ketersediaan waktu luang kita dalam sehari. Kita bisa mengalokasikan satu hingga dua jam saja waktu khusus untuk melaksanakan blogging.

Selain itu, kita juga dapat menetapkan waktu blogging kita dalam satu hari secara lebih spesifik lagi. Misalnya, kita melakukan blogging setiap setelah bangun dan sebelum tidur. Hal yang terpenting dalam penetapan waktu ini adalah waktu blogging ini dipastikan tidak akan mengganggu dan berbenturan dengan pelaksanaan kegiatan kita yang lainnya.

2. Blogging secara teratur.

Kita harus bisa membiasakan diri untuk melakukan blogging secara teratur. Alasannya adalah dengan blogging yang teratur dapat menjaga performa blogging kita agar selalu baik dan tidak menghilangkan kebiasaan blogging kita secara perlahan. Blogging secara teratur ini dapat kita lakukan setiap berapa periode sekali tergantung kebutuhan dan ketersediaan waktu kita. Misalnya, sehari sekali, tiga hari sekali, atau seminggu sekali.

3. Cari dan simpan ide menulis.

Ide menulis merupakan nyawa dari setiap aktifitas blogging kita. Meskipun blogging tidak selalu berhubungan dengan menulis, tetapi ide menulis untuk menciptakan sebuah artikel merupakan nyawa dari aktifitas blogging. Menulis dan menerbitkan artikel di dalam blog kita merupakan aktifitas utama blogging.

Kita dapat memperoleh ide untuk menulis dari berbagai sumber. Untuk lebih jelasnya, silakan baca kembali postingan sumber menulis postingan di blog untuk mengetahui sumber ide menulis. Semakin banyak ide untuk menulis maka kegiatan blogging yang kita lakukan juga akan semakin mudah dilakukan.

Jika kita memiliki banyak ide menulis, kita juga harus bisa menjaganya agar ide tersebut tidak hilang sebelum kita menuangkannya dalam tulisan. Cara termudah untuk menjaga agar ide tersebut tetap terjaga hingga waktu penulisan tiba adalah dengan menyimpannya dalam bentuk konsep atau mendokumentasikannya dalam arsip tertentu milik kita.

4. Ciptakan aktifitas baru dan pelihara mood.

Meskipun kegiatan blogging itu sangat menyenangkan, tetapi suatu saat kita pasti akan menemui titik jenuh di mana kita akan merasa sangat malas untuk melakukan aktifitas blogging. Untuk mencegahnya, kita dapat menciptakan aktifitas baru sebagai selingan agar kita tidak terlalu banyak berkutat dengan blogging. Pengaturan jadwal blogging yang baik akan menghindarkan kita dari kebosanan.

Sehingga, ketika kita sudah bebas dari rasa malas dan bosan dalam blogging maka mood dalam diri kita untuk blogging pun akan senantiasa baik. Mood yang baik akan memiliki dampak yang baik bagi aktifitas blogging kita. Blogging akan terasa nyaman dan kita pun akan semakin menikmatinya.


5. Fokus dan lakukan dengan cepat

Kita juga harus bisa bersikap hemat terhadap waktu yang kita miliki. Kerjakan apa saja yang kita anggap penting. Karena itu, ada baiknya jika kita telah memiliki daftar rencana kegiatan blogging terlebih dahulu. Kita harus fokus terhadap satu hal tertentu yang menurut kita penting untuk dilakukan.

Jangan pernah menyia-nyiakan waktu untuk melakukan hal-hal tidak penting yang pada akhirnya akan memakan banyak waktu. Usahakan untuk selalu cepat dalam melakukan setiap bagian karena akan membuat kita bisa melakukan banyak hal dalam blogging dan kegiatan blogging tidak akan terasa membosankan.


Blogging adalah aktifitas yang menyenangkan karena blogging memiliki banyak manfaat yang dapat kita peroleh. Karena blogging membutuhkan banyak waktu maka manajemen waktu dalam blogging sangat perlu untuk dilakukan dalam rangka menunjang keberlangsungan aktifitas blogging yang kita lakukan. Manajemen waktu yang baik akan membuat kita terhindar dari kebosanan dan membuat blogging terasa lebih mudah dan indah untuk dilakukan.


EmoticonEmoticon